• Asmaul Husna

  • Saat ini (WIB) …

  • Hari ini …

  • Yang Mampir

    • 227,350 pengunjung
  • Isi Blog ini

  • Tulisan Teratas

  • Pilih Kategori…

  • Tulisan Dalam Blog Ini…

Februari Hanya 28 Hari, Kenapa?

Entah mengapa di akhir bulan Februari lalu saya kepikiran tentang tahun kabisat dan juga mengapa bulan Februari 28 hari. Draft tulisan ini sudah lama ada, namun belum juga terposting. Akhirnya setelah coba update blog lagi, terlihat banyak draft yang belum dipublish. Info ini mungkin basi sebagian, namun bagi yang lain mungkin berguna.
Berbekal dengan google dan juga Wikipedia. Saya tidak berniat mencari hitung-hitungan teknis kenapa bisa 28 hari atau 29 hari tapi lebih cenderung untuk menjawab pertanyaan kenapa bulan februari sangat berbeda jumlah harinya dibandingkan bulan lainnya? dan akhirnya saya mendapatkan jawabannya.
Setelah menjelajah kesana kemari saya baru mengerti bahwa hampir sebagian besar nama bulan yang sering kita dengar berasal dari jaman Romawi, seperti bulan Juli yang sebenarnya asal muasalnya dari Julius Caesar, atau bulan Agustus yang sebelumnya bernama Sextilis namun diubah oleh Caesar Agustus menjadi August (Agustus) atau seperti Februari yang berawal dari nama salah satu Dewa pada jaman Romawi yaitu Februus.Dalam sejarahnya dulu bulan Februari adalah 29 hari setiap tahunnya dan akan menjadi 30 hari ketika mengalami tahun kabisat. Kemudian diubah menjadi 28 hari oleh Caesar Agustus dan hari itu dipindahkan pada bulan Agustus. Itu sebabnya pada bulan Juli dan Agustus semuanya berjumlah 31 hari.

Tahun Kabisat sendiri menurut kebanyakan orang adalah tahun yang habis dibagi 4. Misalkan seperti tahun 1992, 1996 atau 2004. Pembagian empat ini tidak berlaku jika tahun tersebut merupakan tahun yang angka dibelakangnya adalah memiliki dua nol seperti 2000, 1900 atau 1800. Untuk tahun yang memiliki dua angka nol dibelakang dapat dianggep sebagai tahun kabisat jika habis dibagi dengan angka 400 seperti misalnya tahun 2000.

Lalu kenapa setiap tahun kabisat hanya bulan Februari yang ditambahkan harinya? ini juga sempat saya pikirkan dan dulu saya sempat berpikir mungkin karena februari adalah paling sedikit jumlah harinya sehingga hari berlebih itu jatuh pada bulan februari , namun ternyata menurut penjelasan dalam wikipedia semakin membuat saya paham kenapa kabisat jatuh pada bulan Februari.

Ah akhirnya pertanyaan saya tentang Februari ini bisa terjawab. Dan ternyata sudah ada yang melakukan tanya jawab tentang jumlah hari di Bulan Februari

About these ads

2 Tanggapan

  1. jadi, mengapa harus bulan februari yang ditambah sehingga menjadi 29 hari? tolong konfirmasinya.

  2. copas dari sebelah

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.803 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: